Berita Utama Keagamaan 

Gebyar Syi’ar Santri Sukabumi Tahun 2018 Ramaikan Peringatan Hari Santri Nasional

berita-dinamika.com (Sukabumi) – Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Sukabumi diikuti oleh ribuan santriwan dan santriwati dari berbagai pasantren yang tersebar di 47 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang dipusatkan dilapangan alun-alun Palabuhanratu, Senin (22/10).

Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri merupakan babak baru dalam sejarah umat Islam Indonesia. Mulai hari itu, kita dengan suka cita memperingati Hari Santri yang merupakan wujud relasi harmoni antara Pemerintah dan umat Islam, khususnya bagi kalangan santri. Demikian dikatakan Mentri Agama RI Lukman Hakim Saefuddin dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami pada acara Hari Santri Nasional yang dirangkaikan Gebyar Syi’ar Santri Sukabumi Tahun 2018.

Dalam sambutannya menyampaikan, Peringatan Hari Santri Nasional dengan mengusung Tema “Bersama Santri Damailah Negeri”, isu perdamaian diangkat sebagai respon atas kondisi Bangsa Indonesia yang saat ini sedang menghadapi berbagai persoalan seperti maraknya hoaks, ujaran kebencian, polarisasi simpatisan politik, propoganda kekerasan hingga terorisme.

Oleh karenanya kalangan pesantren dalam hal ini, para Kiyai, santri dan elemen umat Islam yang belajar kepada orang-orang pesantren agar dapat mencurahkan energinya dalam rangka menjaga keutuhan dan persatuan.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa Hari Santri merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai ‘pionir perdamaian’ yang berorientasi pada spirit moderasi Islam di Indonesia dengan karakter kalangan pesantren yang moderat, toleran, dan komitmen cinta tanah air.

Diharapkan, para santri semakin vokal untuk menyuarakan dan meneladankan hidup damai serta menekan lahirnya konflik di tengah-tengah keragaman masyarakat.

Dalam acara tersebut telah di laksanakan penyerahan bantuan peduli Palu, Donggala dan Sigi sebesar 50 juta serta pakaian layak pakai dari Yayasan Darrussyfa, Yaspida dan Forum Komunikasi Peduli Pesantren Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi, penyerahan piagam kepada santri berprestasi, penekanan bell sebagai tanda dimulainya Gebyar Syi’ar Santri Sukabumi Tahun 2018 dan pelepasan kirab jalan sehat sarungan 2018.

Hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPR RI, Para Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sukabumi, Wakil Bupati Sukabumi, Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, Anggota DPRD, Para Asisten, Staf Ahli Bupati dan Kepala Bagian, Para Kepala Perangkat Daerah, Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Pimpinan Organisasi Keagamaan, Organisasi Kemasyarakatan Lainnya Serta Para Alim Ulama Dan Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita dan Insan Pers. (bi/wan/lex)

Related posts

Leave a Comment