Berita Utama Lintas Daerah 

Layanan Online e-menanduk Disdukcapil Kota Bogor Permudah Pengurusan KTP Elektronik dan KIA

berita-dinamika.com (Bogor) — Pelayanan online yang di luncurkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor pada 18 Februari 2019, mempermudah masyarakat dalam mengurus pembuatan KTP elektronik dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Pelayanan untuk mengurus KTP-el dan KIA dapat diakses secara mudah dan praktis secara online melalui website http// e-menanduk.kotabogor.go.id yang telah disediakan oleh Disdukcapil Kota Bogor.

“Proses pembuatan KTP elektronik dan KIA semakin mudah, terlepas dari antrian panjang dan membludaknya masyarakat yang ingin memproses KTP elektronik dan KIA. Didukcapil Kota Bogor akhirnya menemui cara untuk mengatasi masalah tersebut, dengan adanya website e-menanduk.kotabogor.go.id masyarakat dapat memproses KTP elektronik dan KIA dengan mudah,” kata Kabid Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Disdukcapil Kota Bogor, Cristina Ari Setyaningsih, (15/3).

“Proses pembuatan KTP elektronik dan KIA sudah bisa diakses secara online. Teruntuk KTP elektronik yang sudah melewati tahap perekaman di kecamatan bisa langsung memasuki tahap selanjutnya yaitu tahap pencetakkan KTP elektronik melalui website e-menanduk.kotabogor.go.id,” ungkapnya.

Untuk pengajuan KTP elektronik secara online itu sudah mencapai lebih dari 12000 dari mulai diluncurkan sejak 18 Februari kemarin. Begitu juga dengan Kartu Identitas Anak (KIA) dapat langsung dibuat secara online di website yang sama dengan mudah.

“Jadi walaupun kita belum memperkenalkan apasih manfaat KIA tapi kita ingin mencoba masyarakat untuk peduli dulu dan nanti kita akan membangun kerjasama dengan komisi KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) agar bagaimana anak-anak pemegang KIA ini menerima manfaat,” jelasnya.

Dengan adanya proses online, selain mempermudah masyarakat dan mempercepat proses pembuatan KTP elektronik serta KIA, juga untuk menghindari adanya tuduhan pungli.

(Nan)

Related posts

Leave a Comment