Pendidikan 

Ratusan Anak SD Ikuti Lomba Mewarnai Wayang Asia Wangi Paguyuban Karyawan BCA

berita-dinamika.com (Bogor) – Sebanyak 250 anak dari 10 Sekolah Dasar (SD) di Kota Bogor ikuti lomba mewarnai wayang yang diselenggarakan Asia Wangi paguyuban karyawan BCA pencinta wayang. Acara tersebut berlangsung di Halaman Bank BCA KCU Bogor Jl. Ir.H. Djuanda Kota Bogor, (27/10/18).

Sementara itu, Riky Rizal dari BCA Kantor pusat juga sebagai panitia Wayang day (hari wayang) di BCA Kota Bogor menyampaikan, wayang day merupakan program paguyuban karyawan BCA pencinta wayang yang dinamakan Asia Wangi yang didukung sepenuhnya oleh BCA merupakn program mengenalkan wayang kepada pelajar-pelajar SD melalui mewarnai wayang.
Wayang day ini kata Riky hari ini mulai digalakan di Kota Bogor sebelumnya sudah di Kota Lembang, Lombok, Semarang, Yogya dan sekarang Kota Bogor, jadi kita coba untuk wayang day ini ke daerah Bogor, wayang day itu mendukung program dari Pemerintah soalnya BCA sebagai Bank untuk pertama kali untuk peduli pada budayanya sendiri.

Riky berharap dengan adanya wayang day supaya mendengar Bank-Bank lain atau ke anak-anak lain supaya peduli dengan bangsa, karena dengan ikut lomba mewarnai wayang secara tidak langsung aktifitas imajinasi anak akan terlatih sejak dini juga untuk membentuk karakter anak.
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Seni dan Perfilman pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor Sri Herlina Nasution mewakili Walikota Bogor Bima Arya dalam sambutannya menyampaikan, acara pengenalan wayang di Sekolah bagi 250 orang siswa SD se-Kota, jadi ini merupakan wayang day di BCA Jl. Ir.H. Djuanda Kota Bogor. Kegiatan ini luar biasa agar kita semua mengenal budaya asli Indonesia.

Kami dari Pemerintah Kota Bogor sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini, karena merupakan program pelesatraian dan pengembangan budaya yang memang perlu kita kenalkan sejak dini kepada anak-anak kita penerus bangsa,”kata Sri Herlina.

Kepala Cabang Utama BCA Bogor, Tony Djajasaputra saat di temui disela-sela acara mengatakan, BCA menugaskan karyawannya untuk mengembangkan kreativitas potensi yang ada, kemudian mereka membentuk tidak hanya wayang aja, semeua menciptakan seperti lari, olah raga, budaya seni itu ada perkumpulannya masing-masing.

Khusus yang pencinta wayang budaya Indonesia mereka berinisiasi untuk membentuk perkumpulan organisasi yang dinamai Asia Wangi itu Nasional, dan mereka sistemnya sama seperti BCA ada yang di Jakarta dan didaerah-daerah nasional dan kebetulan yang ada di Bogor ini diselenggarakan oleh Pakar Jaya itu yang bagian dari Asia Wangi yang berada di Jabodetabek,”kata Tony.

Ditempat yang sama Kasi Pengembangan Seni Perfilman dan Kelembagaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Sanusi sangat mengapresiasi sekali dengan adanya kegiatan wayang day (hari wayang), diamana wayang salah satu warisan dunia asal Indonesia, tentunya perlu tetap dijaga dilestarikan, bahkan dikembangkan tentunya dengan panitia dari Asia Wangi ini menyelenggarakan kegiatan apresiasi wayang dalam bentuk mewarnai, ini adalah salah satu kegiatan terobosan yang luar biasa dan didukung dengan salah satu Bank BCA Kota Bogor.

“Dimana, masih kata Sanusi pengenalan wayang kepada anak-anak sekolah ini sangat efektif, kemudian dari nilai-nilai dari wayang itu sendiri mereka pasti akan mengetahui, makanya dengan adanya kegiatan ini Saya sangat pengapresiasi dan sangat mendukung dan tentunya ruang-ruang seperti ini terus di dorong dan diperbanyak untuk anak-anak lebih mengenal terhadap seni budaya daerahnya,”harap Sanusi. (Ismet)

Related posts

Leave a Comment