Berita Utama Lintas Daerah 

Rumah Pendopo Kecamatan Cicurug Perlu Perhatian Khusus

berita-dinamika.com (Sukabumi) – Camat Cicurug Agung Gunawan mengatakan kondisi rumah pendopo kecamatan Cicurug yang memiliki arsitektur nilai sejarah perlu mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi.

“Rumah Pendopo Kecamatan Cicurug adalah salah satu aset milik Kecamatan Cicurug yang dibangun sejak peninggalan jaman Belanda. Untuk menjaga agar bangunan pendopo itu memiliki khas karakteristik cagar budaya, maka rumah pendopo tersebut harus mendapatkan perhatian khusus agar bangunan tersebut tidak meninggalkan karakteristiknya yang khas pada jaman peninggalan belanda,” kata camat kepada berita-dinamika.com, (2/9).

Camat berharap kepada berkopeten baik dari pemerintah daerah eksekutif maupun yudikatif agar dapat menyikapi keseriusan untuk menjaga dan melestarikan bangunan yang memiliki nilai sejarah.

“Untuk pemeliharaan bangunan tersebut sangat menghabiskan anggaran lumayan banyak dan di satu sisi tetap harus menjaga keasliannya karena itulah salah satu yang di banggakan oleh masyarakat dan pemerintah kecamatan Cicurug dengan memiliki rumah pendopo yang memiliki nilai sejarah peninggalan Belanda, ” pukasnya.

Sementara itu, salah satu pemerhati cagar budaya Kecamatan Cicurug Bambang Nagoro mengukapkan bahwa rumah pendopo kecamatan Cicurug mempunyai cerita yang sangat menarik, Baik dari bahan bangunan yang kokoh atau kuat serta mempunyai nilai-nilai kebudayaan yang sangat di banggakan oleh masyarakat, pemerintah Kecamatan dan Pemda Kabupaten Sukabumi itu sendiri.

“Memang betul apa yang diutarakan Camat Cicurug, Rumah Pendopo Kecamatan Cicurug harus mendapatkan perhatian khusus dari pemda kabupaten. Itu merupakan bukti bahwa camat Cicurug sangat peduli dengan peninggalan-peninggalan sejarah jaman dahulu yang memiliki nilai sejarah dan menjadi aset berharga pemda,” pukasnya. (Fa)

Related posts

Leave a Comment