Peristiwa 

Sering Krodit dan Macet, Pemda Bogor Belum Terlambat Memikirkan Pelebaran Jalan

berita-dinamika.com (Bogor) – Pemerintah Kabupaten Bogor sudah saatnya memikirkan pelebaran jalan Kabupaten sepanjang kurang lebih 3 Km yang menggabungkan simpang Joglo Cijayanti hingga Babakan Desa Cikeas, Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Fakta dilapangan tidak bisa dihindari  dikarenakan sepanjang jalan itu terjadi krodit dan kemacetan luar biasa apa bila bus masuk dari arah Centul City menuju tempat wisata hotel dan resort di Kampung Babakan Cikeas, Sukaraja, Bogor, lebih lebih pada hari libur.

Beberapa tokoh masyarakat di Kampung Parung Aleng dan Babakan, mengambil contoh Sabtu (06/10), terjadi kemacetan luar biasa nyaris stagnan tidak bergerak dikarenakan bus tamu hotel arah balik berduyun duyun sekaligus keluar arah centul city lebih dari lima bus, padahal jalan kabupten itu sempit tidak memdai untuk dilintasi bus besar.

Masyarakat meminta para pelaku usaha hotel dan resort di Kampung Babakan untuk memperhatikan dampak keluar masuk  bus yang membawa tamu agar dianteri tidak sekaligus berbarengan, cukup satu dua bus baru estapet bus berikutnya, itu pun harus dikawal petugas satpam yang cukup  karena jalan kecil sempit  terdapat  beberapa tikungan.

Selain kapasitas jalan tidak memadai untuk dilintasi bus besar muatan 60 orang penumpang, beberapa kali  terjadi kerusakan fasilitas umum insfrastruktur jalan kabel listrik sering  menyangkut, ini cukup membahayakan keselataman warga  karena kabel sepanjang jalan itu tegangan tinggi.

Belum lagi saling caci maki antar pemakai jalan maupun masyarakat termasuk sopir angkot 05 dikarenakan jalan sempit dilintasi bus wisata meunju Gumati Resort, Telaga Cikeas dan PJW Reaort di Kampung Babakan.

Bahkan lebih dari itu salah seorang warga pernah dilaporkan sempat ditahan di Polsek Sukaraja kasus pemukulan dijalan raya tumas karena bersumber dari saling caci dan emosi akibat kemacetan jalan tersbut. Ironi memang itu terjadi tapi faktanya seperti itu.

Berangkat dari kondisi seperti itu masyarakat meminta agar Pemda Kabupaten belum terlambat untuk memecahkan masalah tersebut kendati dampak sosial sudah bertahun tahun terjadi.

Apakah cukup bus tiga perempat yang keluar masuk membawa tamu hotel ke lokasi cukup bus besar estapet sampai kawasan centul city Babakan Madang Bogor, ujar masyarakat. (Sam/Nan)

Related posts

Leave a Comment