Pendidikan 

Teater Prabu Tampilkan Sandiwara Sunda “Kopi Cucunguk”

berita-dinamika.com (Bogor) – Teater Prabu pimpinan Sugih Gumilar menampilkan Sandiwara Sunda dengan Judul Naskah “Kopi Cucunguk” karya Yoseph Iskandar di Gedung Kesenian Kemuning Gading, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Sabtu (20/10/2018).

Pementasan tersebut disaksikan para pelajar dari SMP dan SMA, turut hadir Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi.

Kepala Disparbud Kota Bogor, Shahlan Rasyidi ketika ditemui usai menyaksikan Sandiwara Sunda tersebut menilai, acara ini bagus dan penonton terlihat sangat antusias. Sejak awal karya-karya Sugih Gumilar ini sering tampil di berbagai acara, bahkan Teater Prabu ini pernah pentas di Jepang.

Ia menceritakan sekilas gambaran judul teater “Kopi Cucunguk” yang menggambarkan kehidupan seorang pejabat yang memiliki kekayaan yang cukup banyak, kemudian karena ulah dia sendiri berperilaku korupsi sehingga jatuh miskin.

Kepala Disparbud Kota Bogor, Shahlan Rasyidi saat memberikan sambutan.

Pada suatu ketika ia (pejabat korupsi) meminta dibuatkan kopi kepada istrinya, namun karena istrinya tidak memiliki uang untuk membeli kopi, akhirnya istrinya membuat kopi dari seeng (alat memasak nasi) dengan mengambil bagian yang hangus (gosong) kemudian dikerik dan dicampurkan dengan cucunguk (kecoa).

Menurut Shahlan, ini gambaran yang menjadi salah satu contoh bagi masyarakat. Jika ingin menjadi kaya secara materi jangan dengan jalan yang haram, contohnya korupsi karena akan ada balasannya.

Ia berharap mudah-mudahan para pelajar yang telah menonton dapat mengambil nilai-nilai baik yang dapat diambil sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan. (met/nan)

Related posts

Leave a Comment